Aplikasi Penilaian Rapor Kurikulum 2013 untuk Jenjang SD, SMP, SMA/SMK

Aplikasi Rapor MS. Excel Kurikulum 2013 ~ Kurikulum 2013 telah serempak diterapkan untuk berbagai jenjang pendidikan dan semester target. Dengan diterapkannya kurikulum 2013 tersebut, maka proses penilaian untuk siswa juga akan berubah. Perubahan fokus penilaian berubah secara signifikan dibandingkan kurikulum sebelumnya. Penilaian pada kurikulum 2013 ini lebih fokus pada penilaian kualitatif dan diskriptif siswa yang terdiri dari penilaian spiritual, ilmu pengetahuan, hubungan sosial, dan ketrampilan individu. Melihat banyaknya aspek yang akan dinilai tentunya membuat para guru harus bekerja lebih keras untuk melihat dan memberikan penilaian berdasarkan aspek yang ditentukan tersebut.

Pada kesempatan kali ini, saya bermaksud untuk membagikan tiga format aplikasi penilaian rapor yang dibuat oleh tiga orang guru di Indonesia. Aplikasi rapor untuk kurikulum 2013 ini dibangun dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, jadi dalam penggunaanya akan lebih mudah dan familier bagi guru-guru yang lain. Aplikasi penilaian rapor ini dibagikan secara gratis di internet ooleh beliau para pembuatnya. Di bawah ini akan saya ulas satu per satu aplikasi penilaian ini beserta dengan pembuatnya dan penggunaanya. Untuk masing-masing aplikasi nantinya dapat juga diunduh dari link yang telah disediakan.

Aplikasi Penilaian Rapor Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD)
Untuk aplikasi penilaian jenjang Sekolah Dasar (SD) telah dibuatkan dan dibagikan secara gratis di internet oleh Bapak Totok Yulianto, S. Pd. Aplikasi penilaian ini didesain khusus untuk penilaian rapor murid jenjang Sekolah Dasar (SD). Ada beberapa menu yang disediakan untuk mengelola data rapor, seperti menu kelengkapan data siswa dan kelengkapan aspek-aspek penilaian. Penggunaannya juga sangat mudah, tinggal klik menu dan ikuti petunjuk yang ada di aplikasi tersebut. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, silahkan unduh melalui link berikut ini : Ziddu || Google Drive
Aplikasi Penilaian Rapor Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD)

Aplikasi Penilaian Rapor Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Sedangkan untuk aplikasi penilaian rapor kurikulum 2013 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP dibangun dan dibagikan oleh Bapak Purnawanto, S. Pd., M. Si. Desain aplikasi ini ditujukan untuk pengolahan penilaian jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ada Tiga aspek yang menjadi nilai input aplikasi penilaian ini, yaitu : Aspek pengetahuan, Aspek ketrampilan, Aspek Sikap. Aplikasi ini disertai dengan petunjuk penggunaan yang sangat jelas pada halaman home, jadi sangat mudah untuk mempelajari dan menggunakannya. Aplikasi penilaian rapor kurikulum 2013 untuk SMP ini dapat diunduh melalui link berikut ini: Ziddu || Google Drive
Aplikasi Penilaian Rapor Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Aplikasi Penilaian Rapor Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK)
Yang terakhir adalah aplikasi penilaian rapor untuk SMA/SMK karya Bapak Sukani. Beliau menyediakan aplikasi yang dapat membantu para guru SMA/SMK dalam mengelola penilaian para siswanya. Aplikasi ini juga memuat tiga aspek penting yang menjadi input penilaian, yaitu : Penilaian Kognitif, Penilaian Afektif, dan Penilaian Psikomotorik. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak menu yang terkelompok sedemikian rupa untuk mempermudah para pengguna (guru yang lain) dalam melakukan proses penilaian menggunakan aplikasi ini. Aplikasi penilaian rapor kurikulum 2013 untuk SMA/SMK ini dapat diunduh melalui link berikut ini: Ziddu || Google Drive
Aplikasi Penilaian Rapor Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK)

Saya sendiri mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kemuliaan beliau bertiga dalam mengembangkan sebuah aplikasi penilaian dan membagikannya untuk guru yang lain. Semoga aplikasi yang beliau buat ini dapat dimanfaatkan oleh semua guru ini Indonesia berdasarkan jenjangnya masing-masing. Dan demikianlah ulasan saya kali ini yang membahas tentang aplikasi penilaian rapor kurikulum 2013 untuk jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK, semoga dapat bermanfaat sebagai mana menstinya.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon